Sejarah
Pada tahun 1970-an, Shenyang Aircraft Factory mengajukan desain sebuah pesawat tempur ringan yang ditenagai mesin Rolls-Royce Spey 512 dari Inggris, pesawat ini mirip dengan MiG-19 dan disebut dengan J-11, proyek ini ditinggalkan karena kesulitan dalam mendapatkan mesin dari Inggris.[1]J-11 baru adalah produk lisensi dan pengembangan dari Su-27SK Rusia. Sukhoi pada awalnya menyuplai semua bagian-bagian pesawat kepada Shengyang berdasar perjanjian pada 1995, tapi dengan berjalannya waktu meningkatlah bagian-bagian buatan Tiongkok di dalam pesawat ini, bagian-bagian pesawat yang dibuat sendiri oleh Tiongkok akhirnya mencapai 70% dari seluruh Su-27 yang dipesan oleh AU Tiongkok (PLAAF). Dilaporkan Sukhoi sudah menyetujui program upgrade pada 2001 dengan radar dan avionik serang yang lebih dikembangkan lagi.
Pada 2004, media masa Rusia melaporkan J-11 versi dasar produksi Shengyang dihentikan setelah diproduksi sekitar 100 buah, menurut sumber dari AU Tiongkok versi dasar dari Su-27/J-11 sudah tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan PLAAF. PLAAF kemudian melansir sebuah mock-up dari J-11C versi baru pada akhir 2002. J-11C dilengkapi dengan peluru kendali anti-kapal dan peluru kendali udara ke udara SD-10 buatan Tiongkok, kemungkinan untuk misi serang maritim.
[sunting] Pengoperasian
Saat ini PLAAF mempunyai 7 divisi yang dilengkapi dengan J-11, yaitu:[2]- PLAAF 1st Air Division berpangkalan di Anshan, Liaoning, dilengkapi dengan J-11
- PLAAF 2nd Air Division berpangkalan di Suxi, Guangdong, dilengkapi dengan Su-27SK, Su-27UBK, dan J-11
- PLAAF 6th Air Division berpangkalan di Yinchuan, Ningxia, dilengkapi dengan J-11
- PLAAF 7th Air Division berpangkalan di Zhangjiakou, Hebei, dilengkapi dengan J-11
- PLAAF 14th Air Division berpangkalan di Zhangshu, Jiangxi, dilengkapi dengan J-11
- PLAAF 19th Air Division berpangkalan di Zhengzhou, Henan, dilengkapi dengan Su-27SK, Su-27UBK, dan J-11
- PLAAF 33rd Air Division berpangkalan di Baishiyi, Chongqing, dilengkapi dengan Su-27UBK
[sunting] Spesifikasi (J-11/A)
Karakteristik umum
- Kru: 1
- Panjang: 21.9 m
- Lebar sayap: 14.70 m
- Tinggi: 5.92 m
- Luas sayap: 62.04 m²
- Bobot kosong: 16,870 kg [1]
- Bobot terisi: 23,140 kg
- Bobot maksimum lepas landas: 33,000 kg
- Mesin: 2× Lyulka AL-31F or Woshan WS-10A "Taihang" turbofans
- Dorongan kering: 74.5 kN / 89.17 kN [4] masing-masing
- Dorongan dengan pembakar lanjut: 123 kN / 129.4 kN [5] masing-masing
Kinerja
- Laju maksimum: Mach 2.35 (2,500 km/h, 1,600 mph) at altitude
- Jarak jangkau: 3,720 km
- Radius tempur: 2,000 km
- Batas tertinggi servis: 19,000 m
- Laju panjat: >325 m/s
- Beban sayap: 371.0 kg/m²
- Dorongan/berat:
- Dry: 0.66
- Dengan pembakar lanjut: 1.09
- G-limit: 9 g
Persenjataan
- Senjata api: 1× 30 mm (1.18 in) Gryazev-Shipunov GSh-30-1 cannon
- Titik keras: 10: 2 under fuselage, 2 under air ducts, 4 under wings, 2 on wingtips with provisions to carry combinations of:
- Rudal:
- Rudal:
- Roket: Unguided rocket launcher
- Bom: Free-fall cluster bombs
Avionik
- Fire-control radar: NIIP Tikhomirov N001VE Myech coherent pulse Doppler radar
- OEPS-27 electro-optic system
- NSts-27 helmet-mounted sight (HMS)
- Gardeniya ECM pods
Shenyang J-11 | |
---|---|
| |
Tipe | Pesawat tempur multifungsi |
Produsen | Shenyang Aircraft Corporation |
Perancang | Sukhoi OKB Shenyang Aircraft Corporation |
Terbang perdana | 1998 |
Diperkenalkan | 1998 |
Status | Aktif |
Pengguna | Republik Rakyat Cina |
Tahun produksi | 1998-sekarang |
Jumlah produksi | ≈100 |
Acuan dasar | Su-27SK |
0 comments:
Post a Comment - Back to Content