Inilah Spesifikasi Rigel 933 Kapal Riset Tercanggih Se-asia milik TNI

Inilah Spesifikasi Rigel 933 Kapal Riset Tercanggih Se-asia milik TNI : Menteri Riset Tehnologi serta Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir meluncurkan Kapal KRI Rigel 933 pada acara puncak peringatan Hari Kebangkitan Tehnologi Nasional (Harteknas) di dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), pada hari Senin tanggal 10 Agustus 2015 di Jakarta Utara.

KRI Rigel 933 adalah kapal mutakhir berjenis MPRV (Multi Purpose Research Vessel). Kapal ini di buat di galangan kapal OCEA Les Sables d'Olonne, Perancis.

Dengan cara khusus, KRI dengan panjang 60, 10 mtr. serta lebar 11, 5 mtr. ini mempunyai kekuatan dalam survey serta pemetaan hidrografi, oseanografi, geofisika serta perikanan.

Kapal bercat abu-abu ini mempunyai bobot 515 ton dengan kemampuan angkut anak buah kapal (ABK) sejumlah 30 orang, peneliti 10 orang serta penumpang yang lain enam orang. (Baca : Menristek Bangga RI Mempunyai Kapal Rigel 933)

KRI Rigel 933 digerakkan dua mesin pendorong MTU Jenis 8V4000M53 yang dapat membuahkan kecepatan maksimum 14. 0 knot, dengan jarak jelajah 4400 nautical mile.

KRI Rigel 933 bakal mengemban pekerjaan pokok Dishidros TNI AL dalam melakukan operasi survey serta pemetaan laut. KRI kelas BHO (Bantu Hidro-Oseanografi) ini bakal masuk dalam deretan Unit Survey Dishidros TNI AL yang berpangkalan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kapal ini disebut-sebut juga sebagai kapal laut tercanggih yang ada di Asia Tenggara. KRI Rigel-933 adalah salah satu perang yang dipunyai Indonesia, dengan spesifikasi spesial survey di deretan Unit Survey Hidro-oseanografi Dishidros TNI AL.

Kapal buatan Prancis ini, bakal melakukan pekerjaan pokok serta fungsinya untuk melakukan survey serta pemetaan kebutuhan sipil ataupun militer, dan bertindak dalam usaha melindungi keamanan laut Nusantara.

" KRI Rigel-933 adalah kapal pertama dari type MPRV (Multi Purpose Research Vessel) yang dioperasikan di deretan TNI AL di bawah unit Survey Hidro-Oseanografi. Kapal ini, salah satu alutsista teranyar yang dipunyai TNI AL yang di bangun di galangan kapal OCEA, Les Sables d'Olonne, Prancis, " tutur Komandan Kapal Mayor Laut (P) Muhamad Wirda Prayogo di Pelabuhan JICT-II, Tanjung Priok, jakarta Utara, Jumat, 15 Mei 2015.

Wirda meneruskan, kapal baru ini dilengkapi beragam jenis peralatan mutakhir untuk lakukan survey Hidrografi, Oseanografi, Meteorologi, Geofisika, dan Perikanan.

" Diluar itu, lebih Wirda, KRI Rigel-933 dipersenjatai peralatan yang berperan dalam melakukan aktivitas patroli keamanan laut. Ada, satu buah meriam 20 mm yang ada di haluan kapal, dua buah mitraliur 12, 7 mm yang semasing ada di lambung kiri serta lambung kanan kapal, dan senjata perseorangan, " papar dia.

KRI Rigel-933 ini mempunyai panjang 60, 1 mtr., lebar 11, 5 mtr., tinggi 18 mtr.. Dari sisi kecepatan, kapal baru TNI AL itu dapat melajur dengan kecepatan 14 Knot, dengan daya jelajah 12 Knot, serta kecepatan 5-7 Knot.

Di ketahui, alutsista milik TNI KRI Rigel-933 dibeli oleh TNI AL dari Prancis dengan mahar Rp564 miliar. Kapal ini dapat menyimpan 40 orang awak serta 11 peneliti.

Kata Rigel dalam nama kapal itu di ambil dari salah satu bintang ke-2 yang paling bersinar di ras bintang Orion. Rigel yaitu bintang raksasa berwarna biru keputihan serta mempunyai massa matahari dan bercahaya seputar 117 ribu kali luminositas matahari serta diamater 74 kali matahari.

Sedangkan, dari bhs Arab, kata Rigel mempunyai makna juga yakni 'Rigl awza al-Yusra. Dengan cara harfiah dalam bhs Arab, jadi disimpulkan juga sebagai kaki kiri.


Recommended Posts :

0 comments:

Post a Comment - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))